Perkiraan Cuti Bersama Tahun 2013

Istilah cuti bersama menjadi istilah yang popular dalam beberapa tahun ini, terutama dikalangan pegawai negeri sipil (PNS) dan bahkan karyawan BUMN/Swasta. Cuti bersama cuti yang diatur oleh ketentuan beberapa kementrian. Bagaimana sebenarnya awal mula dari Cuti Bersama ini? Tulisan ini akan mencoba menjelaskan mengenai topik ini mulai dari awal mula munculnya, kebijakan perusahaan swasta terhadap cuti bersama ini sampai dengan perkiraan cuti bersama untuk tahun 2013.

Serangan terorisme dan cuti bersama

Apa ada hubungan antara serangan terorisme dan cuti bersama? Tentu saja ada, karena istilah cuti bersama ini muncul karena salah satu efek dari serangan terorisme, yang saya maksudkan adalah serangan terorisme Bom Bali II yang terjadi tahun Oktober 2005.

Akibat adanya Bom Bali II ini, banyak wisatawan asing yang mengurungkan niatnya untuk wisata ke Indonesia, khususnya ke Bali. Bahkan beberapa Negara menerapkan travel warning kepada warga nya untuk tidak berwisata ke Indonesia. Keadaaan ini menyebabkan pendapatan Indonesia di sektor wisata turun drastis. Kemudian muncul ide bahwa untuk memicu kembali nya industri pariwisata Indonesia dengan cara mendorong wisatawan lokal untuk berwisata ke daerah-daerah wisata di Indonesia, maka dibuatlah cuti bersama.

Cuti bersama dikeluarkan oleh melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) yang ditandatangani oleh 3 Menteri, yaitu Menteri Agama, Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Menteri Tentaga Kerja dan Transmigrasi.

Cuti bersama ini biasanya di terapkan pada tanggal yang ada diantara 2 hari libur (hari kejepit) dan juga biasanya perpanjangan dari hari libur sebelumnya pada tahun kalender Masehi.

Sebagai contoh untuk hari kejepit , hari libur nasional tertentu jatuh pada hari kamis, jika tidak ada cuti bersama maka hari jumat nya tidak libur, namun dengan adanya ketentuan cuti bersama ini, hari jumatnya diliburkan.

Sebenarnya ketentuan cuti bersama ini pada awalnya ditujukan kepada pegawai negeri sipil (PNS). Selain mendorong untuk berwisata, cuti bersama ini juga untuk meningkatkan efisiensi kerja. Dari pada PNS bolos di hari kejepit, lebih baik diliburkan bersama saja.

 

[iklan]

 

Kebijakan perusahaan swasta terhadap cuti bersama

Bagaimana sikap perusahaan swasta terhadap ketentuan cuti bersama ini? Perusahaan swasta biasanya memperhitungkan cuti bersama yang telah diatur oleh pemerintah sebagai bagian dari cuti tahunan karyawannya.

Misalkan, ada 1 hari cuti bersama di bulan Mei, dan karyawan mengambil / ikut libur pada tanggal cuti bersama tersebut, maka jatah cuti tahunan dari karyawan tersebut akan berkurang 1 hari juga.

Belakangan ini, ketentuan mengenai tatacara pengambilan cuti bersama telah diatur juga di Peraturan Perusahaan (PP) atau di Perjanjian Kerja Bersama (PKB) setiap perusahaan. Supaya tidak lagi ada polemik lagi mengenai pemberlakuan cuti bersama, selain itu juga pada UUK 13/2003 tidak ada aturan mengenai cuti bersama ini, maka pada pengusaha membuat aturan di PP dan PKB.

 

Jumlah Cuti Bersama tahun 2006 sampai dengan tahun 2012.

Jika melihat ke belakang, jumlah hari untuk cuti bersama ini antara 4 – 6 hari tanggal kalender.

Berikut adalah grafik yang menunjukan perubahan jumlah hari cuti bersama selama tahun 2006 sampai dengan tahun 2012.

 

Perkiraan Cuti Bersama tahun 2013.

Nah ini dia yang ditunggu-tunggu, ada berapa hari cuti bersama untuk tahun 2013 nanti?

Pemerintah melalui 3 kementrian nya sendiri sampai tulisan ini dibuat belum mengeluarkan SKB. Oleh karena itu, boleh saja kita coba-coba perkirakan tanggal-tanggal berapakah di tahun 2013 yang akan dijadikan cuti bersama tahun 2013.

Jika melihat dari hari libur yang biasa (regular), berikut adalah hari-hari libur nasional tahun 2013:

 

Tanggal Hari Keterangan
1 Januari Selasa Tahun Baru Masehi 2013
24 Januari Kamis Maulid Nabi Muhammad SAW
10 Februari Minggu Tahun Baru Imlek
29 Maret Jumat Wafat Yesus Kristus
9 Mei Kamis Kenaikan Yesus Kristus
25 Mei Sabtu Hari Raya Waisak
5 Juni Rabu Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW
8 Agustus Kamis Hari Raya Idul Fitri
17 Agustus Sabtu Hari Kemerdekaan RI
15 Oktober Selasa Hari Raya Idul Adha
5 November Selasa Tahun Baru Hijriyah
25 Desember Rabu Hari Raya Natal

 

Dan berikut adalah perkiraan cuti bersama tahun 2013:

Tanggal Hari Keterangan
25 Januari Jumat Cuti Bersama  2013 Maulid Nabi Muhammad SAW
10 Mei Jumat Cuti Bersama  2013 Kenaikan Yesus Kristus
9,12 Agustus Jumat, Senin Cuti Bersama  2013 Hari Raya Idul Fitri
14 Oktober Senin Cuti Bersama 2013 Hari Raya Idul Adha
4 November Senin Cuti Bersama 2013 Tahun Baru Hijriyah
26 Desember Kamis Cuti Bersama 2013 Hari Raya Natal

Note: Cuti bersama 2013 diatas hanya perkiraan penulis saja, bukan ketentuan SKB 3 menteri yang berwenang. Penulis tidak bertanggung jawab dengan penggunaan data perkiraan diatas.


Semoga dengan perkiraan cuti bersama tahun 2013 diatas dapat membantu anda untuk merencanakan liburan bersama keluarga tahun 2013.

 

[iklan]

Image Source: istockphoto. com